Terus Tumbuh Meski Pandemi, HIPMI PT Unesa Ajak Pelaku Usaha Pahami Pentingnya Legalitas Usaha

Legalitas atau badan hukum memberikan peluang bagi UMKM / pengusaha untuk bisa naik kelas.

JURNAL3.NET / SURABAYA – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) Universitas Negeri Surabaya mengadakan webinar legalitas dengan mengangkat tema “Legalitas Mudah, Usaha Makin Berkah”. Webinar Legalitas ini merupakan kegiatan berupa webinar bisnis sebaga wadah diskusi antarmahasiswa dan tokoh bisnis yang mumpuni bidangnya.

Agenda ini sukses dilaksanakan pada hari Sabtu (26/3/2022) hari ini. Webinar menggandeng narasumber yang luar biasa di bidangnya, Yaitu Ir. Tri Winarni. Ia merupakan sebagai Fasda Jawa Timur. Sasaran peserta dalam agenda webinar Legalitas adalah terbuka untuk umum.

Fasda Jawa Timur Tri Winarni mengatakan, bahwa bagimana pemaparan pengajuan legalitas usaha dan kelengkapan yang harus disiapkan bagi pelaku usaha. Ia pun menyebut, banyak pelaku usaha belum sadar bahwa ijin usaha sangat dibutuhkan untuk memperluas pasar produk dan juga untuk melindungi produk ditarik di pasar.

“Legalitas usaha diperlukan untuk usaha skala mikro sampai usaha yang besar. Untuk proses pengurusannya berbeda tergantung dari skala usaha para pelaku usaha,” kata Tri.

Tri menjelaskan, bahwa Legalitas itu sangat penting bagi pelaku usaha. Karena legalitas itu salah satu perihal keadaan sah atau keabsahan.

“Berbicara mengenai suatu perbuatan atau benda yang diakui keberadaannya, berdasar ketentuan yang mengatur. Selain itu dapat atau tidaknya dipertanggungjawabkan,” jelasnya.

Lanjut, kata Tri, manfaat legalitas usaha ini adalah memberikan kepuasan kepada pelanggan sehingga menjaga kepercayaan terhadap perusahaan, Menumbuhkan rasa motivasi diri dalam karyawan.

“Meningkatkan standar kerja di dalam perusahaan, meningkatkan dan menjaga nama baik perusahaan, dan memberikan peluang pengembangannya lebih luas,” tuturnya.

Dia pun menegaskan, bahwa selain legalitas usaha, juga sertifikat profesi itu sangat penting bagi pelaku usaha. Karena sertifikasi profesi bertujuan untuk memastikan kompetensi seseorang yang telah didapatkan melalui pembelajaran, pelatihan, maupun pengalaman kerja.

“Manfaat memiliki sertifikasi profesi ini adalah meningkatkan kepercayaan diri akan kemampuan yang dimiliki, meningkatkan akses untuk mengembangkan diri, dan menambah produktivitas kerja,”tegasnya. *Syaiful Hidayat

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*