Canthing Jawi Wetan Go Global di Tugu Pahlawan, Khofifah Penguwatan KUKM Jatim

JURNAL3.NET / SURABAYA – Perhelatan akbar pameran batik Jawa Timur yang diinisiasikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Bhayankari Daerah Jawa Timur digelar di Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (27/3/2022) kemarin.

Dalam upaya untuk melestarikan dan mengembangkan batik Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Bhayangkari Daerah Jawa Timur menggelar acara Canthing Jawi Wetan Go Global.

Puncak acara digelar di Tugu Pahlawan dengan menampilkan peragaan busana batik Jawa Timur oleh perancang keamanan Edward Hutabarat dan Denny Wirawan. Acara ini bertujuan untuk untuk mempromosikan batik Jawa Timur dan produk-produk UMKM sehingga mampu dipasarkan secara nasional dan bersaing secara global.

“Yang saya helat pada malam hari ini. Kita menyengaja tempatnya di Tugu Pahlawan berseiring dengan, semangat heroisme, optimisme Jatim bangkit karena di seluruh dunia Tugu Pahlawan hanya di tempat ini. Nuansanya adalah menggali filosofi kebesaran Majapahit, dengan kebesaran filosofi yang luar biasa dari mulai Sumpah Palapa Mahapatih Gajah Mada Nusantara bagaimana mewujudkan pulau-pulau menjadi satu kesatuan yang kemudian diikuti oleh naskah berikutnya Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa,” kata Khofifah.

Selain tujuan promosi, kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19 dengan mengampanyekan gerakan nasional bangga buatan Indonesia, bangga berwisata di Indonesia, dan program optimis Jawa Timur bangkit tahun 2022.

Tak hanya sampai di situ, acara ini sekaligus dimaksudkan untuk terus melestarikan budaya dan kesenian khas Jawa Timur .

Ketua Bhayangkari daerah Jawa Timur Ully Nico Afinta mengatakan, batik-batik dari berbagai kabupaten /kota di Jawa Timur dipamerkan, khususnya Jawa Timur yang menyimpan keunikan tersendiri.

“Sebagian besar motif batik di Jawa Timur merupakan cerminan alam, kaya akan nuansa flora dan fauna
dengan balutan warna-warna cerah, dan aneka corak khas yang mewakili identitas tiap-tiap daerah,” ucap Nico dalam rilis terima media Jurnal3.net, Senin (28/3/2022) hari ini.

Sela acara juga menampilkan tarian-tarian daerah seperti pertunjukan reog Ponorogo, tari bedoyo Majapahit, tari topeng malangan, tari jaranan senterewe, tari gandrung Banyuwangi, musik keroncong, dan aneka macam kuliner Jawa Timur .

Untuk diketahui bersama Bhayangkari daerah jawa timur merupakan organiasasi sosial yang beranggotakan istri istri dari anggota Polri dan PNS polri di jajaran polda jawa timur

Perhelatan Canthing Jawi Wetan Go Global akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 26-28 Maret 2022 yang berlokasi di Kantor Gubernur Jawa Timur dan Tugu Pahlawan Surabaya.

Canthing Jawi Wetan Go Global merupakan langkah nyata untuk pelestarian warisan budaya, pemberdayaan UMKM, dan pemulihan ekonomi di Indonesia. *Syaiful Hidayat

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*