Peringatan Harkitnas, Khofifah Ajak Warga Jatim Bangkit Bersama

JURNAL3.NET/SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin upacara hari kebangkitan nasional (Harkitnas) ke-114 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (20/5/2022). Khofifah mengajak masyarakat untuk mengenang sejarah dari Dokter Soetomo yang pada tahun 1908 membangun komitmen memajukan pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

“kita membangun kemajuan dari sisa-sisa kemanusiaan. Juga dapat memajukan nusa dan bangsa, harkat dan martabat bangsa. Endingnya adalah untuk mewujudkan kemerdekaan,”kata Khofifah.

Khofifah pun mengingatkan kembali bagaimana seorang Dr Soetomo melakukan inisiasi dengan berbagai kerangka intelektualitas dan kerangka kultural yang luar biasa.

“Maka, gelora kebangkitan itu harus kuat disuarakan oleh arek-arek Suroboyo dan arek-arek Jawa Timur,”imbuh Gubernur Khofifah dalam keterangan tertulis diterima redaksi media jurnal3.net, Minggu (22/5/2022) hari ini.

Ajakan itu selaras dengan tema yang diangkat pada Harkitnas ke 144 tahun 2022. Yakni ‘Ayo Bangkit Bersama’. Menurutnya, momentum Harkitnas hendaknya dijadikan sebagai tonggak bangkit dari keterpurukan ekonomi pasca pandemi covid-19. Dimana dia berharap Indonesia menjadi bagian dari motor pemulihan ekonomi dunia dan Jawa Timur termasuk bagian dari kebangkitan itu.

“Marilah kita memaknai semangat hari Kebangkitan Nasional untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta mendorong pemulihan ekonomi Nasional,”imbuhnya. *Syaiful Hidayat

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*