Tingkatkan Keahlian PKK di Pekalongan Lewat Menjahit

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat Gelar Pelatihan Menjahit Bagi Para Kader PKK di Pekalongan, Jumat (26/11/2021). Sumber : Puspen Kemendagri

Jurnal3.net / PEKALONGAN – Kompetensi Menjahit ini salah satu upaya meningkatkan keahlian dan memperdayakan peran kader. Hal tersebut itu, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat mengadakan pelatihan menjahit bagi para kader PKK di Kota Pekalongan. Jumat (26/11), kemarin.

Tri Tito Karnavian Ketua Umum TP PKK mengatakan, PKK merupakan lembaga kemasyarakatan di tingkat desa/kelurahan yang memiliki peran strategis sebagai mitra pemerintah terutama dalam pemberdayaan masyarakat sekitar.

Menurut dia, di mana diatur dalam peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 18 tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarlaat Desa dan Lembaga Adat Desa.

“Upaya pemberdayaan tersebut, salah satunya dapat diwujudkan dengan melaksanakan kegiatan pelatihan dan penguatan kader PKK,”tandas Tri, dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/11).

Lanjut, Ia menambahkan, di era yang penuh dengan tantangan dan persaingan ini, kader PKK juga dituntut mampu mengidentifikasi potensi dan keunggulan di wilayahnya masing-masing.

“Hal itu pula yang menjadi latar belakang diselenggarakannya pelatihan menjahit di Kota Pekalongan, yang memang dikenal memiliki produk unggulan berupa kerajinan batik,” tandasnya.

Selanjutnya, melalui kegiatan ini diharapkan ekonomi masyarakat sekitar dapat meningkat. Tak hanya itu, kegiatan ini juga menjadi bekal bagi masyarakat untuk melahirkan berbagai kegiatan produktif, inovatif, dan kreatif di Pekalongan. (dayat)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*