Ribuan Hewan Ternak Kena Penyakit Mulut dan Kuku, Ini Kata Gubernur Khofifah

Imbau Peternak Berlakukan Karantina dan Isolasi pada Hewan Terinfeksi Berbasis Kecamatan

JURNAL3.NET / GRESIK – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turun dan memgawal langsung proses pengobatan intensif pada hewan ternak di kabupaten Gresik, yang menjadi satu diantara empat kabupaten di Jatim yang ditemukan kasus PMK. Sabtu (7/5/2022) kemarin sore.

Gubernur Khofifah sedang melakukan peninjauan pengobatan hewan ternak milik H. Bakri di Dusun Wates, Desa Kedungpring, Kecamatan Balongpanggang.

Di lokasi tersebut, Khofifah langsung mengenakan APD dan menyaksikan tahap demi tahap pengobatan hewan ternak yang di beri vitamin atau obat antibiotik melalui suntikan. Nantinya, suntikan dan vitamin akan diberikan sebanyak tiga hari sekali.

“Hari ini kami melakukan peninjauan langsung untuk pengobatan hewan ternak yang kita sama-sama lakukan dalam rangka penanganan PMK pada hewan ternak,” kata Khofifah dalam keterangan tertulis diterima redaksi jurnal3.net, Minggu (8/5/2022).

Khofifah menghimbau kepada para pemilik maupun peternak untuk mengisolasi serta mengkarantina seluruh hewan ternak yang terjangkit maupun sehat guna memberikan proteksi sehingga penularan pada wabah ini bisa dikendalikan mulai dari kecamatan.

“Karantina bisa dilakukan mulai dari kecamatan atau desa yang memiliki kandang hewan ternak yang jaraknya berdekatan. Penularan virus PMK ini bisa terjadi lewat udara atau airbone yang mirip dengan covid-19 sehingga langkah antisipatifnya bisa lebih mudah tidak meluas nantinya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Khofifah menegaskan bahwa untuk daging dari hewan yang terkonfirmasi PMK masih bisa dikonsumsi. Akan tetapi, pihaknya ingin agar masyarakat bisa mendapatkan daging yang segar dari sapi atau hewan ternak yang sehat.

“Kalau dagingnya tidak berbahaya dan aman dikonsumsi dengan cara memasak yang benar tapi kan kita ingin masyarakat mendapatkan daging yang sehat. Terlebih sebentar lagi akan memasuki Idul Adha dan suasana ini akan kita bangun setenang mungkin terutama bagi peternak kita,”tegasnya. *Syaiful Hidayat

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*