Jatim Bureaucracy Fest 2022, Gubernur Khofifah: Cettar Bukan Hanya Slogan

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Hudiyono saat menerima penghargaan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam kategori Reformasi Birokrasi, pada acara Jatim Bureaucracy Fest 2022", di Hotel Bumi Surabaya./*Foto Kominfo Jatim

JURNAL3.NET / SURABAYA – Dalam rangka meningkatkan reformasi birokrasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), budaya kerja dan zona integritas, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar “Jatim Bureaucracy Fest 2022”, di Hotel Bumi Surabaya, Kamis(27/10/2022).

Dalam Jatim Bureaucracy Fest 2022 dilakukan penyerahan penghargaan hasil SAKIP, budaya kerja dan zona integritas kepada  Perangkat Daerah, Kabupaten dan Kota oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa berbagai penghargaan terkait kinerja SAKIP yang telah diberkan kepada Organisai Perangkat Daerah(OPD) Pemprov Jatim dan beberapa kabupaten dan kota adalah bukti dari pelaksanaan kinerja sesuai dengan  slogan CETTAR (Cepat Efektif Tanggap Transparan Akuntabel dan Responsif) yang telah dicanangkan oleh Pemprov Jatim.

“Alhamdulillah hari ini  bersama-sama, kita baru menyaksikan betapa cettar bukan hanya slogan,Tapi bahwa indikator-indikator cettar kecepatan kita bekerja, kecepatan kita melayani, kecepatan kita merespon, kita sudah turunkan dalam indikator-indikator operasional,”ujarnya.

Dengan berbagai penghargaan tersebut ia berharap seluruh OPD harus memberikan layanan yang terbaik. Oleh karena itu OPD diharapkan bisa membedakan antara tanggap dan respon. “Kalau tanggap lebih bersifat negatif dan respon lebih bersifat reaktif,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Khofifah juga mengingatkan kembali tetang kewaspadaan OPD terhadap bencana akibat cuaca ekstrem yang diperkirakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berlangsung sampai bulan Januari 2023.

“Banyak banjir, maka mitigasi sekaligus quick respon ini harus dilakukan oleh kita semua juga adalah oleh para kepala daerah ditingkat kabupaten kota,”ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono menjelaskan tujuan dari kegiatan Jatim Bureaucracy Fest 2022″ adalah memberikan apresiasi terhadap hasil SAKIP, reformasi birokrasi dan zona integritas perangkat daerah. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas implementasi SAKIP perangkat daerah.

Ada tiga kegiatan dalam Jatim Bureaucracy Fest 2022″, yaitu; cerdas cermat ASN,  Bureaucracy Talk, dan pemberian penghargaan ( Awarding).

Dari 50 Perangkat Daerah (PD) yang mendapat predikat SAKIP AA sejumlah 3 PD, predikat A sebanyak 44 PD, Predikat BB berjumlah 3 PD.

Sedangkan untuk penilaian reformasi birokrasi, yang mendapat predikat A sebanyak 2 PD, predikat BB berjumlah 24 PD dan predikat B sebanyak 24 PD.

Penghargaan budaya kerja diberikan kepada 24 PD dengan predikat Sangat Cettar, 22 PD predikat Cettar, 30 PD predikat cukup Cettar dan 1 PD kurang Cettar./*Red

Share this…
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*