Wagub Emil Hadiri Reuni SISTELNAS SMP Jakarta

Wagub Jatim Dardak foto bersama pada acara Reuni Sistelnas 3.0 di Gedung C Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta./*Ist

JURNAL3.NET / JAKARTA – Ikatan Keluarga Besar Alumni Siswa Teladan Tingkat Nasional (IKA SISTELNAS) menggelar Reuni Sistelnas 3.0 di Gedung C Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Sabtu (25/2/2023).

Ajang Sistelnas merupakan kompetisi siswa berprestasi tingkat nasional yang digelar sejak kepemimpinan Presiden Soeharto yang mempertemukan siswa-siswi berprestasi mulai dari tingkat SMP hingga SMA dari seluruh pelosok Indonesia.

Dengan mengangkat Tema ‘Berkontribusi Nyata Melalui Kolaborasi’, kegiatan ini menjadi ajang reuni lintas Angkatan yang merupakan momen dimana para alumni Sistelnas saling menyapa dan berbagi cerita, termasuk mengenang cerita indah dari seleksi Sistelnas mulai tahun 1976 sampai terakhir dilaksanakan pada era reformasi di tahun 1998.

Menariknya, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak merupakan Siswa Teladan Nasional angkatan tahun 1997 dari SMP 109 Juara 1 se DKI Jakarta.

Emil mengatakan, IKA Sistelnas sendiri merupakan perkumpulan Siswa-siswi SMP dan SMA perwakilan seluruh provinsi di Indonesia tahun 1976-1998, yang telah mengikuti tahapan seleksi berjenjang, dari level sekolah, kabupaten, provinsi dan akhirnya mewakili daerahnya ke tingkat nasional.

Saat ini ratusan alumni SISTELNAS tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan di seluruh dunia, dan menjadi orang-orang pilihan yang mengabdi sesuai keilmuan dan keahlian para alumni siswa teladan nasional.

Dalam kenangannya, Emil menceritakan untuk mengikuti ajang tersebut, harus mengikuti berbagai tes, baik tertulis, wawancara, dan keterampilan, dari tingkat kecamatan, provinsi hingga melaju ke ajang nasional.

Emil menyebut, untuk menjadi Siswa Teladan Tingkat Nasional tidaklah mudah dimana semua juara atau rangking satu dari seluruh sekolah di masing masing daerah.

“Tentu rasa bangga bisa menjadi juara satu di masing-masing sekolah kemudian dilanjutkan berkompetisi di tingkat provinsi menjadi sesuatu kebanggaan dan jadi juara satu se-DKI Jakarta,” ungkapnya.

“Kebetulan saat itu saya berdomisili di Jakarta dan menjadi pelajar teladan di DKI Jakarta. Sistelnas ini sebenarnya merupakan ajang yang baik untuk mencari talenta anak-anak negeri di seluruh pelosok Indonesia,” tambahnya./*Red

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*